Hemorograd
Minggu, 26 April 2015 | 02:46 WIB

2013 PTPN X Fokus Optimalkan Pabrik Gula

Kamis, 29 Nopember 2012 / pangan

Surabaya (kabarbumn.com) - Tahun 2013 mendatang PT Perkebunan Nusantara X (Persero) siap memperkuat bisnisnya. Sejumlah dana Rp 960 miliar  sudah disiapkan.

Direktur Keuangan PTPN X, Dolly P Pulungan, mengatakan dana tersebut mayoritas akan digunakan untuk peningkatan kapasitas pabrik gula milik PTPN X.

"Tahun depan kami akan fokus untuk meningkatkan kapasitas pabrik gula besar milik kami. Peningkatan kapasitas dilakukan di antaranya dengan meningkatkan kualitas mesin-mesin yang ada," ujar Dolly di Surabaya,  Kamis (29/11/2012).

Saat ini ada 11 pabrik gula (PG) yang dikelola PTPN X, diantaranya adalah PG Watoetoelis, di Sidoarjo, PG Toelangan di Sidoarjo, PG Kremboong di Sidoarjo, PG Gempolkerep di Mojokerto, PG Djombang baru di Jombang, PG Tjoekir di Jombang, PG Lestari di Nganjuk, PG Meritjan di Kediri, PG Pesantren Baru di Kediri, PG Ngadirejo di Kediri, dan PG Modjopanggoong di Tulungagung.

Dari semua pabrik gula tersebut dapat memproduksi gula sebesar 42.000 ton cane per day (TCD). Tahun depan ditargetkan kapasitasnya ditingkatkan hingga 40.000 TCD.

Selain itu, perseroan akan memperkuat sejumlah bisnis turunan, antara lain, dengan mengembangkan program co-generation yang memproduksi listrik. Saat ini perseroan tengah  memfinalisasi pembangunan pabrik bioetanol yang terpadu dengan Pabrik Gula Gempolkrep di Mojokerto. Pabrik bioetanol itu nantinya akan mengolah tetes tebu menjadi etanol, sehingga nilai tambah yang diperoleh PTPN X semakin tinggi. (mon)

Dibaca : 725 kali
Seri Strategic Human Capital Management: Leadership in
"Pada Artikel Bagian Pertama disebutkan bahwa sentuhan bidang sumberdaya manusia (human capital) tak terbantahkan lagi merupakan salah satu faktor kritikal dalam mendorong kinerja bisnis suatu ..."
SIGNUP FOR NEWSLETTER
Workshop Interpretasi kebijakan penyusunan RKAP dan KPI di BUMN dan anak perusahaan BUMN
Teh Walini_2