Dukung NZE 2060, Universitas Pertamina Gandeng 2 Universitas Jepang

- Sabtu, 27 Mei 2023 | 11:00 WIB
Universitas Pertamina jalin kerja sama dengan dua universitas Jepang untuk dukung NZE 2060 (Dok. Pertamina)
Universitas Pertamina jalin kerja sama dengan dua universitas Jepang untuk dukung NZE 2060 (Dok. Pertamina)

Kabar BUMN - Universitas Pertamina menjalin kerja sama dengan dua universitas di Jepang.

Dua universitas itu adalah Tokyo University dan Kyushu University.

Kerja sama ini dilakukan untuk mendukung Pertamina dalam rangka transisi energi dan target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Baca Juga: Ciptakan Nilai Hingga Rp12,02 Triliun, Pertamina Kembangkan Inovasi Lewat APQA 2023

Penandatanganan kerja sama dilakukan di acara Nikkei Forum ke 28 yang berlangsung di Tokyo Jepang pada Jumat (26/5/2023).

Pihak yang bertanda tangan adalah Rektor Universitas Pertamina, Prof. Dr. Ir. Wawan Gunawan A. Kadir M.S; Kepala Departemen Laboratorium Teknik Sumber Daya Bumi, Sekolah Pascasarjana Teknik Sumber Daya Energi dari Kyushu University, Prof. Dr. Yasuhiro Yamada; dan Professor Departemen Sistem Inovasi, Fakultas Teknik Tokyo University, Prof. Tsuji Takeshi.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. Dr. Ir. Wawan Gunawan A. Kadir M.S mengatakan bahwa, kerja sama dengan kedua universitas dari Jepang ini untuk memperkuat kegiatan penelitian dan pengembangan yang diperlukan oleh Pertamina sebagai perusahaan energi.

Baca Juga: Lewat Program Ajang Inovasi 2023, Pertamina Catat Penciptaan Nilai hingga Rp12 Triliun

Khususnya yang berkaitan dengan pengembangan aktivitas keberlanjutan yang mendukung aspek lingkungan, sosial dan tata kelola.

“Universitas Pertamina sebagai research and development (R&D) dalam hubungannya untuk mengembangkan sustainability activity yang mendukung ESG dan sebagainya,” kata Wawan.

Lebih lanjut, Wawan menguraikan, dengan dukungan R&D Pertamina berupaya menahan laju penurunan alami lapangan minyak dan gas dengan melakukan injeksi dan memanfaatkan emisi karbon untuk meningkatkan produksi Migas.

Baca Juga: Kolaborasi, Kilang Pertamina Unit Balikpapan Edukasi Pelajar Tentang Mengatasi Bahaya di Pantai

Hal ini juga sejalan dengan upaya Pertamina mencapai target NZE.

Penandatanganan kerja sama di lakukan di acara Nikkei Forum ke 28 yang berlangsung di Tokyo Jepang pada Jumat (26/5/2023). (Dok. Pertamina)

Halaman:

Editor: Dwi NM

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Persentase Plasma PTPN V Terluas di Riau

Kamis, 8 Juni 2023 | 11:30 WIB