Erick Thohir: Indonesia Siap Untuk Beralih ke Kendaraan Listrik

- Rabu, 24 Mei 2023 | 07:38 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dalam Ramah Tamah Bersama Media di Jakarta. (Dok. Forum Humas BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir dalam Ramah Tamah Bersama Media di Jakarta. (Dok. Forum Humas BUMN)

Kabar BUMN - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saling bersinergi untuk memberikan edukasi dan mengajak masyarakat beralih dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik.

BUMN menunjukkan bahwa Indonesia kini sudah memiliki ekosistem kendaraan listrik yang sangat komprehensif lewat booth #PakaiMolis.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan BUMN hadir untuk mempercepat penetrasi kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini dilakukan mengingat Indonesia memiliki cadangan mineral bahan baku kendaraan listrik.

Baca Juga: Kebiasan-kebiasaan Kecil yang Jika Dilakukan Akan Menimbulkan Percik Kebahagiaan

Lewat kolaborasi BUMN, Indonesia mengambil peran utama dalam industri kendaraan listrik.

“Lewat pameran PEVS 2023 kami hadir langsung menyapa masyarakat untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa kita, Indonesia siap untuk beralih ke kendaraan listrik, kami di BUMN bersinergi membentuk ekosistem dari hulu hingga hilir,” ujar Erick dikutip Kabar BUMN dari siaran pers pln.co.id pada Rabu, 24 Mei 2023.

Dalam booth #PakaiMolis, BUMN menghadirkan baterai kendaraan listrik yang diproduksi oleh Indonesian Batery Coorporation (IBC).

Baca Juga: Dukung Operasi KCJB pada Agustus 2023, PLN Siapkan Infrastruktur Kelistrikan

Dengan memaksimalkan cadangan mineral di Indonesia, baterai besutan IBC merupakan produk dalam negeri yang berkualitas dengan harga kompetitif.

Kendaraan listrik tentu tak lepas dari kebutuhan pasokan listrik. PLN memegang peranan penting dalam hal ini. Tak hanya menghadirkan listrik yang andal dan berasal dari energi hijau, PLN bersama Pertamina juga memastikan kemudahan bagi masyarakat pemilik kendaraan listrik terkait infrastruktur pendukung pengisian daya.

Selain itu, dari sisi pembiayaan, masyarakat yang ingin beralih menggunakan kendaraan listrik juga diberi berbagai kemudahan dengan kebijakan Pemerintah yang menetapkan pemberian insentif motor listrik sebesar Rp7 juta per unit.

Baca Juga: Streching Sederhana di Tempat Tidur, Bebas Pegal-Pegal Seharian

Hadir juga dukungan dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) diantaranya BNI, BRI dan Mandiri yang siap memberikan berbagai kemudahan khususnya terkait skema pembiayaan pembelian kendaraan listrik bagi masyarakat.

Lewat PEVS 2023 ini BUMN hadir langsung menyapa masyarakat. Dengan PEVS 2023 BUMN hendak menunjukan kepada masyarakat betapa mudahnya mengakses kendaraan listrik.

Halaman:

Editor: Winda.

Sumber: pln.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini